Bingung mau cari hiburan ?....Ayo datang ke Anjungan Jawa Tengah Taman Mini "Indonesia Indah" Jakarta

Date: 
Minggu, 30 November, 2014
Lokasi: 
TMII - Jakarta
Categories: 

Di Anjungan Jawa Tengah pada hari Minggu, 30 November 2014 ada Pentas Duta Seni Kota Salatiga. Kota Salatiga akan menampilkan Kesenian Tari Jurit Nampil, Campursari dan Wayang Orang dengan Lakon "Begawan Ciptowening" ada juga Pameran Produk Unggulan dari Kota Salatiga seperti Batik dan Makanan Khas Salatiga.

Acaranya bebas untuk umum

Sinopsis "Begawan Ciptowening"
Prabu Niwatakawaca sedang terkena panah asmara dari Batari Supraba, diutuslah Patih Mamangdana untuk menghadap raja para dewa guna meminang Bathari Supraba sebagai permaisuri. Di lain pihak Patih Mamangdana diutus ke senopati para dewa. Pinangan Niwatakawaca ditolak oleh para dewa sehingga terjadilah pertempuran antara para dewa dan raksasa.

Pertempuran dapat diredakan karena Mamangdana termakan oleh tipu daya Dewa Narada. Dewa Syiwa (Bathara Guru) memerintahkan Dewa Indra dan Para Bidadari untuk menguji kesaktian dan kewaskitan Ciptowening yang tidak lain adalah Arjuna, bahkan Dewa Siwa dengan menyamar sebagai pemburu membuktikan sendiri terhadap kesaktian Arjuna. Dewa Siwa merasa lega sehingga berkenan menganugerahkan pusaka Pasopati kepada Arjuna dan dinobatkan sebagai para dewa untuk menandingi Niwatakawaca.

Perang besar pasukan raksasa melawan para dewa tidak terhindarkan, Pertandingan antara Niwatakawaca dengan Arjuna berlangsung seru klimaksnya, Niwatakawaca gugur ditangan Arjuna. Sebagai ungkapan terima kasih Dewa Siwa menjunjung Arjuna sebagai raja para bidadari dengan gelar Prabu Kiritin.