Pahami Sejarah Lahirnya Bangsa

Rab, 28/12/2016 - 17:32 -- humasjtg3

Semarang - Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP meminta agar para generasi muda mau belajar untuk memahami sejarah lahirnya Bangsa Indonesia. Ketika mereka mau memahaminya, maka akan lebih mudah membawa Indonesia menjadi negara yang maju.

“Generasi muda itu harus memahami negara dan bangsamu itu seperti apa. Siapa yang melahirkan Indonesia. Bidannya banyak, sukunya macam-macam, warna kulitnya macam-macam, agamanya macam-macam, bahasa daerahnya juga macam-macam. Itu semua Indonesia. Bingkainya apa? Negara kesatuan. Maka kalau sudah negara kesatuan, jangan bicara federal. Sudah kesatuan. Titik. Harus kita pertahankan,” katanya tegas saat menerima Siswa Kelas X SMA Taruna Nusantara di ruang kerja gubernur, Rabu (28/12).

Dasar negara Indonesia, imbuh Ganjar, adalah Pancasila. Tidak ada dasar negara lain. Kalau ada yang menginginkan dasar negara lain, dipastikan bakal ada perdebatan keras. Bahkan diibaratkan bangsa ini aka memulai dari nol lagi. Sebagai Bangsa Indonesia pun harus toleran. Ingatlah pada Bhinneka Tunggal Ika.

“Maka anak muda, pelajar, harus paham soal itu. Ini negara Pancasila. Nggak bisa ditawar-tawar lagi. Kalau ditawar-tawar lagi, nanti kita berkelahi soal itu. Padahal yang lain sudah pergi ke planet, kita masih udrek uwek soal itu,” tuturnya.

Ditambahkan, pemahaman generasi muda terhadap lahirnya sebuah bangsa, penting. Sebab, akan menumbuhkan kesadaran bagi mereka untuk mempertahankannya dan mencapai kemajuan bersama. (Biro Humas Setda Prov Jateng)