Menteri Sosial Didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Tinjau Kondisi Jawa Tengah

Rab, 05/02/2014 - 10:47 -- humasjtg

PEKALONGAN - Menteri Sosial Dr. Salim Segaf Al Jufri meninjau kondisi korban banjir di Provinsi Jawa Tengah sekaligus menyerahkan bantuan seperti makanan siap saji, selimut serta mobil penyelamatan.

"Kami turut prihatin dengan bencana banjir yang melanda Tanah Air. Kementerian Sosial menyiapkan berbagai paket bantuan untuk para korban banjir dan penanganan pasca bencana," kata Mensos dalam kunjungannya yang juga didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Selasa 4/2 di Pekalongan.

Ditempat terpisah Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Drs. Budi Wibowo M.Si menyampaikan bahwa Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah siap dengan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dengan Dapur Umum yang memberikan pelayanan konsumsi bagi korban banjir di Wilayah Pekalongan, Pemalang dan Brebes dan wilayah di jalur Pantura.

Pada kesempatan itu Mensos juga menyerahkan bantuan berupa tiga unit mobil rescue tactical unit (RTU) masing-masing untuk Kabupaten Pekalongan, Brebes dan Kendal serta ribuan stok logistik.

"Kami juga memastikan semua tahap penanganan bencana berjalan sesuai prosedur standar operasional, baik posko bencana, dapur umum, dukungan kendaraan bencana, gudang,buffer stock di provinsi dan kabupaten, pakaian anak dan bayi, perlengkapan makan, perlengkapan keluarga," tambah Mensos.

Sebelumnya Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial telah mengirimkan peralatan evakuasi, matras 100 lembar, makanan berupa lauk pauk 5.000 paket, 1.000 paket keluarga, serta sandang 1.000 paket.

Selain itu juga telah memberikan tambahan makanan siap saji sebanyak 5.000 paket, mie instan 80.000 pak, serta selimut 10.000 lembar bagi korban banjir di wilayah Pekalongan, Brebes dan beberapa wilayah di jalur Pantura yang terkena bencana banjir.

"Semua paket bantuan untuk korban bencana banjir disalurkan melalui Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah," ujarnya. Beberapa titik bencana banjir di Jawa Tenah, meliputi Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang, Kabupaten Kudus, Kota Semarang dan Kota Pekalongan. Kemensos sesuai dengan tupoksi penanggulangan bencana alam, menetapkan langkah saat tanggap darurat dan pasca bencana. (Kdr-dinsos) **Humas Pekalongan