Menjaga dan Mencintai Bangsa, Sebagian Dari Iman

Jum, 16/12/2016 - 09:52 -- a60es

Salatiga – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Salatiga mengadakan acara Pengajian Kebangsaan untuk memeringati Maulud Nabi Muhammad SAW, Kamis (15/12) malam. Bertempat di Lapangan Pancasila Kota Salatiga, acara tersebut dihadiri ratusan jamaah dari berbagai tempat.

Ketua PCNU Kota Salatiga Drs H Zaenuri dalam sambutannya mengatakan, pengajian yang diselenggarakan merupakan salah satu bentuk peran serta PCNU dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Di samping itu, menjadi media untuk memperkuat komitmen terhadap Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

“Kita rindu fatwa-fatwa yang mempersatukan kita dan tidak menjelek-jelekkan kita. Yang mengajarkan untuk selalu saling bertoleran, adaptif dan akomodatif terhadap semua golongan yang ada di sekitar kita," katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP saat memberikan sambutan mengatakan, lahirnya Indonesia "dibidani" banyak komponen masyarakat. Salah satunya para ulama. Karenanya Indonesia harus dirawat dan dijaga dengan baik.

“Menjaga dan mencintai bangsa ini merupakan sebagian dari iman. Ayo kita ajak sesarengan Indonesia disengkuyung sareng-sareng dengan kegiatan-kegiatan yang positif,” ajaknya.

Gubernur juga berpesan kepada seluruh warga yang hadir untuk mengawasi anak-anaknya. Terutama dalam hal penggunaan handphone.

“Anak-anaknya diawasi kalau lagi pegang handphone, awas bahaya pornografi. Dengan ini (HP) juga bisa nyebarke sing ngeri-ngeri termasuk radikalisme. Tantangannya mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat,” katanya.

Pengajian Kebangsaan tersebut selain dihadiri Gubernur Jawa Tengah, juga dihadiri jajaran Pemkot Salatiga, Kodim dan Polres Kota Salatiga, segenap pengurus PCNU Kota Salatiga, dan Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Ulum KH Saefudin Zuhri yang berkesempatan memberikan tausyiah diakhir acara. (Biro Humas Setda Prov Jateng)