Banjir, Pemungutan Suara di Desa Ngastorejo Lancar

Rab, 15/02/2017 - 14:20 -- ully

Pati - Bencana banjir mewarnai pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Pati yang berlangsung serentak, Rabu (15/). Hujan deras beberapa hari terakhir mengakibatkan 18 desa di Kabupaten Pati mengalami banjir. Termasuk Desa Ngastorejo, Kecamatan Jakenan yang direndam banjir setinggi kurang lebih 30 cm. 

Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi segera bertolak untuk meninjau proses pemungutan suara di TPS 02 Desa Ngastorejo, usai melakukan pantauan Pilkada Kabupaten Brebes. Mantan anggota DPR RI itu berpendapat, banjir sama sekali tidak menghalangi warga setempat untuk menggunakan hak pilihnya. 

"Masyarakat sudah terbiasa dengan kondisi itu (banjir), maka justru tidak mengganggu. Yang terganggu banjir seperti itu justru di Brebes. Karena KPU-nya kemudian harus menyiapkan TPS baru. Lumayan sigaplah, itu bisa selesai," terang orang nomor satu di Jawa Tengah itu.

Sementara itu, Kepala Desa Ngastorejo Rumini menerangkan, BPBD Kabupaten Pati memfasilitasi sejumlah perahu karet sebagai sarana transportasi warga menuju TPS terdekat. Sehingga meskipun banjir, warga tetap bisa menggunakan hak pilih mereka.

Usai meninjau Desa Ngastorejo, Ganjar dan rombongan singgah di TPS 06 Desa Winong, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati pukul 13.30. Saat mereka tiba, proses penghitungan suara pasangan calon (paslon) tunggal H Haryanto SH MM MSi-Saiful Arifin SE melawan kotak kosong baru saja berlangsung 15 menit. Penghitungan suara berakhir pukul 13.50 WIB dengan rincian 201 suara untuk paslon petahana dan 121 suara untuk kotak kosong. Tujuh suara dinyatakan tidak sah.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setempat H Basuni menjelaskan, pemilih yang terdaftar di TPS 06 Desa Winong sebanyak 506 orang, terdiri dari 258 orang laki-laki dan 248 orang perempuan. Hingga proses pemungutan suara ditutup pukul 13.00, ada 329 warga yang menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut. (Humas Jateng)