Statistik Pengaduan Masyarakat Melalui Twitter @hubkominfojtg November 2016

Sel, 20/12/2016 - 11:31 -- kominfojtg-2

SEMARANG – Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Provinsi Jawa Tengah mempunyai akun twitter resmi sejak Agustus 2014 yang difungsikan sebagai sarana pemberian informasi kepada masyarakat, sarana penghubung antara masyarakat dan Dinhubkominfo Prov. Jateng.

Pada Bulan November 2016 total usulan, pertanyaan maupun keluhan yang diterima oleh Dinhubkominfo Prov. Jateng sebanyak 8 pengaduan masyarakat. Jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yakni Oktober 2016 yang hanya mencapai 25 pengaduan masyarakat. Dari julmah 8 pengaduan masyarakat tersebut yang berada dibawah kewenangan Dinhubkominfo Prov Jateng hanya sejumlah 5 pengaduan, sementara 3 pengaduan lain merupakan kewenangan instansi lain. Hal ini membuktikan bahwa antusiasme masyarakat Provinsi Jawa Tengah terhadap akun twitter resmi yang dimiliki Dinhubkominfo Prov Jateng semakin meningkat, sehingga hal diluar bidang perhubungan, komunikasi dan informatika pun ditanyakan kepada akun twitter @hubkominfojtg.

Sebanding dengan peningkatan jumlah pengaduan masyarakat yang masuk, jumlah interaksi dengan masyarakatpun meningkat hingga mencapai kisaran angka 67.500 interaksi, Sejumlah pengaduan masyarakat yang masuk tersebut telah diteruskan kepada bidang yang berwenang sesuai dengan prihal keluhan yang disampaikan oleh masyarakat, dan telah di jawab oleh yang bidang terkait. Jumlah pengaduan masyarakat melalui twitter sejak bulan Januari 2016 hingga November 2016 mencapai 362 pengaduan.

Dari respon yang diterima, yakni berupa retweet, favourite, juga bertambahnya followers yang dimiliki oleh Dinhubkominfo Prov. Jateng yang hingga hari ini, Senin (18/12) mencapai 4.987 followers. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat pengguna media sosial membutuhkan informasi yang mudah diakses melalui smartphone yang dimiliki.

Adapun usulan, pertanyaan, keluhan dari masyarakat yang masuk keakun twitter @hubkominfojtg juga cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Selain datang langsung dari masyarakat, usulan dan keluhan masyarakat juga datang dari masyarakat dengan melalui akun twitter Bapak Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (@ganjarpranowo). Hal ini membuktikan bahwa melalui media sosial dapat menjembatani hubungan antara pemerintah dan masyarakat, terutama di Jawa Tengah.

(Media Center Jateng/dv)