Statistik Pengaduan Masyarakat Melalui Instagram (dinhubkominfo.jateng) November 2016

Sel, 20/12/2016 - 11:32 -- kominfojtg-2

SEMARANG – Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Provinsi Jawa Tengah mempunyai akun Instagram resmi sejak Mei 2016 yang difungsikan sebagai sarana pemberian informasi kepada masyarakat mengenai kegiatan yang dilaksanakan Dinhubkominfo Prov Jateng, sarana penghubung antara masyarakat dan Dinhubkominfo Prov. Jateng.

Pada Bulan November 2016 total usulan, pertanyaan maupun keluhan yang diterima oleh Dinhubkominfo Prov. Jateng sebanyak 0 pengaduan masyarakat, atau tidak ada pengaduan yang masuk melalui media instagram. Jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yakni Oktober 2016 yang juga mencapai 6 pengaduan masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa penanganan pengaduan masyarakat dari Dinhubkominfo Prov. Jateng semakin membaik sehingga tidak ditemukan hal yang diadukan oleh masyarakat.

Sejumlah pengaduan masyarakat yang masuk tersebut telah diteruskan kepada instansi yang berwenang sesuai dengan perihal keluhan yang disampaikan oleh masyarakat. Jumlah pengaduan masyarakat melalui Instagram sejak bulan Mei 2016 hingga September 2016 mencapai 13 pengaduan.

Dari respon yang diterima, yakni berupa like, juga bertambahnya followers yang dimiliki oleh Dinhubkominfo Prov. Jateng yang hingga hari ini, Kamis (18/12) mencapai 425 followers. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat pengguna media sosial membutuhkan informasi yang mudah diakses melalui smartphone yang dimiliki.

Adapun usulan, pertanyaan, keluhan dari masyarakat yang masuk keakun Instagram dinhubkominfo.jateng juga cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini membuktikan bahwa melalui media sosial dapat menjembatani hubungan antara pemerintah dan masyarakat, terutama di Jawa Tengah.

(Media Center Jateng/dv)