Mas Ganjar Menyapa “Upaya Mengurangi Resiko Bencana”

Kam, 29/12/2016 - 14:28 -- kominfojtg-2

SEMARANG – Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah kembali mengadakan Dialog Interaktif “Mas Ganjar Menyapa (MGM)” di Rumah Dinas Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, SH, MIP, di Puri Gedeh Semarang, Selasa (27/12).

MGM kali ini mengangkat tema ”Upaya Mengurangi Resiko Bencana” yang disiarkan langsung oleh Sindo Trijaya FM, RDI Pandanaran FM, pada pukul 06.30 sampai dengan 07.30 WIB dan streaming Youtube dan stream.jatengprov.go.id.

Kesadaran masyarakat dan pemangku kepentingan dalam hal pengurangan rsiko bencana di wilayah Jawa Tengah harus selalu dipupuk dari hari ke hari. Salah satu langkah strategis yang perlu ditempuh adalah membuat paying hokum yang jelas mellaui Peraturan Daerah atau Perda. Langkah ini perlu didorong semua stake holder agar pencegahan serta pengurangan resiko bencana dapat diterapkan di semua wilayah potensi bencana di Jawa Tengah. Apalagi Jawa Tengah memiliki sekitar 2024 wilayah desa rawan bencana.

Secara khusus, Perda ini nanti juga akan menjadi regulasi yang jelas untuk mendorong kesiapsiagaan semua lapisan masyarakat dalam menghadapi bencana alam di wilayah masing-masing. Dengan paying hokum ini pula, nanti diharapkan lahir sebuah forum komunikasi seluruh stake holder kebencanaan untuk bersatu padu dalam satu gerak langkah menekan atau mengurangi resiko bencana, sebagai bagian dari gerakan kesadaran penanggulangan bencana di Jawa Tengah.

Baik pemerintah, kepolisian, TNI, SAR, relawan bencana, hingga masyarakat di wilayah rawan bencana akan memiliki platform yang sama dalam hal pengurangan resiko bencana. Sistematika pencegahan bencana serta pengurangan resiko bencana akan menjadi kurikulum wajib bagi semua stake holder untuk melaksanakannya. Pada fase ini, system pencegahan dan penanggulangan bencana alam dirasa menjadi sangat ideal.

(Media Center Jateng/dv)