Kota Magelang

Secara geografis Kota Magelang dengan luas wilayah 18,12 km ² terletak diantara dua sungai, yaitu sungai Progo di sebelah barat dan sungai Elo di sebelah timur dan dikelilingi berjajar gunung-gunung seperti Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Perahu, Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Merapi. Posisi Kota Magelang pada 100º  4? 30?? Bujur Timur, 7º  30? – 7  45? 20??  Lintang Selatan, dengan ketinggian rata-rata 375 m diatas permukaan laut sehingga beriklim sejuk. Kota Magelang yang terletak di tengah Provinsi Jawa Tengah sangat strategis, berada dipersimpangan jalan  poros utama Semarang – Yogyakarta, Semarang – Cilacap dan Yogyakarta – Wonosobo. Daya tarik wisata di Kota Magelang antara lain : Kamar P. Diponegoro, Museum Abdul Jalil, Museum AJB. Bumiputra, BPK RI Magelang, Museum Sudirman, Taman Kyai Langgeng, Arung Jeram Sungai Progo
 
Kamar P. Diponegoro
Sebuah kamar yang berisi peninggalan P. Diponegoro, selain meja kursi yang dipakai untuk berunding di kamar itu  juga terdapat kitab tahrib, jubah ukuran besar yang dikenakan beliau pada waktu berunding, bale-bale tempat beliau bersembahyang, teko dan 7 buah cangkir tempat 7 minuman kegemaran beliau dan beberapa lukisan yang menggambarkan kepahlawanan beliau. Di lengan kursi yang diduduki ada peninggalan bekas guratan,  konon karena amarahnya P. Diponegoro sempat mencengkeram kursi yang didudukinya sehingga meninggalkan bekas guratan teresbut. Kamar P. Diponegoro terletak di gedung eks Karisidenan Kudu dibagian barat Kota Magelang.
 
Museum Abdul Jalil
Merupakan museum militer yang diresmikan pada tanggal 4 Oktober 1964, di museum ini mengoleksi benda-benda bersejarah pahlawan-pahlawan Indonesia al. Jendral Sudirman, Jendral Urip Sumoharjo dan para pahlawan revolusi yang telah gugur dalam menegakan dan mempertahankan Republik Indonesia. Terletak di komplek Akademi Militer dibuka untuk umum pada jam kerja.
 
Museum AJB. Bumiputra
Museum ini diresmikan pada tanggal 20 Mei 1985, di dalam museum ini dapat disaksikan rekaman sejarah Asuran Bumi Putra 1912 sejak lahir berdirinya di Kota Magelang  berkembang sampai sekarang menjadi Perusahaan Asuransi Nasional yang besar.
 
Museum BPK RI Magelang
Merupakan sebuah gedung yang dulunya dikenal dengan Gedung Aniem, sejak 1 Januari 1947 s/d 6 Nopember 1948 menjadi Gedung BPK RI yang pertama dan setelah BPK pindah di Yogyakarta gedung ini dijadikan sebuah museum, terletak di sebelah kiri gedung kantor eks Karisidenan Kedu.
 
Taman Kyai Langgeng dan Arung Jeram Sungai Progo
Taman rekreasi yang diresmikan pada bulan September 1980 dengan luas lahan sekitar 25,05 ha, terletak di Jl. Cempaka No. 9 Magelang. Taman wisata ini memiliki ratusan koleksi tanaman langka yang bisa dimanfaatkan sebagai obyek penelitian, patung-patung Dinosaurus dalam ukuran asli, aneka fasilitas permainan, serta yang terbaru adalah prototipe pesawat terbang. Di Taman Kyai Langgeng, khususnya pada hari libur  akan disuguhi dengan berbagai atraksi kesenian daerah maupun musik, selain arena permainan untuk anak-anak dan keluarga, di sebelah Taman ini terdapat fasilitas Arung Jeram Progo Asri, dikhususkan bagi mereka yang menyukai petualangan dengan menelusuri Sungai Progo. Sepanjang 9 kilometer kita akan menikmati suasana pedesaan di tepian Sungai Progo sekaligus menikmati jeram-jeramnya.Petualangan ini bisa dinikmati setiap hari dari pukul 08.00 sampai 14.00 tentu saja dengan melihat kondisi perairan di Sungai Progo. Anda akan didampingi oleh pemandu yang telah berpengalaman serta memperoleh fasilitas lain seperti makan, asuransi dan tranportasi kembali ke pos pemberangkatan.
 
Museum Sudirman
Merupakan sebuah gedung yang pernah ditempati oleh alm. Jendral Sudirman sampai saat wafatnya, gedung ini diabadikan menjadi sebuah museum dengan nama Museum Sudirman dan didalamnya tersimpan beberapa benda peninggalan beliau, terletak di Jl. Badaan / Jl. Ade Irma Suryani..
 
Keunikan Seni budaya
  • Wayang gethuk, wayangnya terbuat dari gethuk.
  • Tari Kuntulan, suatu tarian yang penarinya menggunakan kostum seperti yang dikenakan oleh P. Diponegoro
 
Kuliner
Buntil, Ayam Goreng Ninit, Tahu Pojok, Gethuk Gondok, Ceriping Singkong, Gethuk Trio
 
Cinderamata
Sarung gloyor, sarung bahannya licin