Kabupaten Temanggung

Alamat Website http://www.temanggungkab.go.id/

Kabupaten Temanggung berada di tengah-tengah wilayah Provinsi Jawa Tengah, di jalur Semarang-Purwokerto. Temanggung dikenal sebagai daerah penghasil kopi dan tembakau rajangan untuk bahan baku rokok kretek.

Kabupaten Temanggung menyumbang 40 persen lebih produk kopi di Jawa Tengah. Kopi bubuk Temanggung hasil produksi Perusda Aneka Usaha Temanggung bisa ditemuai di sejumlah warung atau toko di daerah tersebut. Kabupaten Temanggung berpenduduk sekitar 708.546 jiwa dengan pendapatan perkapita Rp6,2 juta.

Tembakau Temanggung dikenal sebagai tembakau lauk dalam pembuatan rokok kretek. Tanaman tembakau banyak dibudidayakan di kawasan lereng Gunung Sumbing, Sindoro, dan perahu. Luasan tanaman tembakau rata-rata 14.000 hektare dan masa panen tembakau antara bulan Juli-September.

Kabupaten Temanggung yang berada pada wilayah dengan ketinggian 500 hingga 1.000 meter di atas permukaan air laut tersebut terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satu upaya yang dilakukan adalah membangun Pasar Legi Parakan.