Kabupaten Tegal

Alamat Website http://www.tegalkab.go.id/

Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, dengan ibukota Slawi ini berjarak 14 kilometer ke arah selatan dari Kota Tegal. Kabupaten Tegal memiliki topografi yang unik. Selain mempunyai wilayah dataran rendah, kabupaten yang berada antara 108"57"6"-109"21"30" Bujur Timur dan 6"02"41"-7"15"30" Bujur Selatan juga menjulang Gunung Slamet dengan ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut.

Kabupaten Tegal dengan ibu kota Slawi ini membawahkan 18 kecamatan, yang sebagian besar memiliki potensi di bidang pertanian dan agrobisnis. Slawi juga dikenal sebagai salah satu pemasok teh terbesar di Jawa Tengah.

Adapun batas wilayah Kabupaten Tegal, adalah sebelah utara Kota Tegal, sebelah timur Kabupaten Pemalang, sebelah barat Kabupaten Brebes, dan selatan Banyumas.

Ditilik dari lokasinya, Kabupaten Tegal cukup strategis karena berimpitan dengan Kota Tegal, salah satu kota termaju di Jawa Tengah. Kota Tegal memang menjadi perlintasan strategis untuk jalur darat pantai utara Jawa.

Kota Tegal juga memiliki pelabuhan laut yang ramai. Oleh karena itu tidak mengherankan bila keberadaan Kota Tegal ini juga ikut mendorong kemajuan dan dinamika masyarakat di sekitaranya, termasuk warga Kabupaten Tegal.

Masyarakat Tegal yang cenderung berpikiran terbuka juga menjadi nilai plus. Mereka bukan saja gemar merantau ke berbagai daerah dengan menjadi pengusaha di sector usaha kecil, melainkan juga menyerap kemajuan dari daerah-daerah lain, termasuk dari wilayah DKI Jakarta.

Jarak tempuh transportasi darat Tegal-Jakarta yang hanya sekitar lima jam menjadikan mobilitas warga Kabupaten Tegal juga amat tinggi.

Selain memiliki keunggulan di bidang pertanian dan perkebunan, seperti teh, kopi, dan karet, Kabupaten Tegal juga terus mendorong industri manufaktur dan perdagangan. Sejumlah objek wisata alam juga menjadi salah satu motor penggerak perekonomian kabupaten ini sehingga jika dikelola secara berkelanjutan, Kabupaten Tegal bakal menjadi salah satu kabupaten maju di Jawa Tengah.