Kabupaten Purworejo

Alamat Website http://www.purworejokab.go.id/

Kabupaten Purworejo terletak di pesisir selatan Provinsi Jawa Tengah, berada di jalur Yogyakarta-Jakarta. Berdasarkan Sensus Penduduk 2010 jumlah penduduk di Kabupaten Purworejo sebanyak 898.631 jiwa tersebar di 16 kecamatan.

Kabupaten Purworejo memiliki luas 1.034,81 kilometer persegi, wilayah sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Kebumen, sebelah utara Kabupaten Magelang dan Wonosobo, sebelah timur Kabupaten Kulonprogo (DIY), dan sebelah selatan Samudera Indonesia.

Kabupaten Purworejo merupakan daerah agraris, sebagian besar lahan digunakan untuk pertanian, begitu pula mata pencaharian penduduk sebagian besar sebagai petani. Luas lahan pertanian sebagian besar sawah berpengairan nonteknis dan tadah hujan. Selain ditanami padi, sebagian lahan di daerah tersebut ditanami jeruk.

Dalam perkembangan sejarah Kabupaten Purworejo dikenal sebagai pelopor di bidang pendidikan dan sebagai wilayah yang menghasilkan tenaga kerja di bidang pendidikan, pertanian, dan militer. Sejumlah tokoh yang muncul dari daerah tersebut, antara lain komponis lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" WR Supratman , Jenderal Urip Sumoharjo, Jenderal A. Yani, dan Sarwo Edy Wibowo. Para tokoh maupun tenaga kerja di bidang pertanian, pendidikan, militer, seniman dan pekerja lainnya oleh masyarakat luas di tanah air dikenal sebagai orang-orang Bagelen.