Kabupaten Pemalang

Alamat Website http://www.pemalangkab.go.id/

Kabupaten Pemalang meupakan salah satu dari 35 daerah di Jawa Tengah yang terletak di jalur strategis Jakarta-Surabaya (melalui Pantai Utara atau Pantura) sehingga daerah yang memiliki luas 101.200 hektar ini sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia terutama Pulau Jawa. Mereka yang akan bepergian dari Jakarta menuju Surabaya atau sebaliknya terutama melalui jalar darat dipastikan melalui Kabupaten Pemalang kecuali mereka yang melalui jalur selatan (Yogyakarta-Purwokerto-Tegal-Cirebon atau Yogyakarta-Purwokerto-Bandung).

Bahkan, daerah ini sering sebagai tempat beristirahat sementara bagi para pengguna kendaraan yang dari arah Jakarta setelah menempuh jarak yang cukup jauh sehingga di daerah ini banyak terlihat hotel-hotel atau penginapan sebagai tempat beristirahat barang satu malam sebelum akhirnya menlanjutkan perjalanan menuju ke tempat tujuan. Kabupaten Pemalang ini berada pada jarak sekitar 135 kilometer arah barat Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yaitu Semarang dan sekitar 350 kilometer dari Jakarta.

Kabupaten Pemalang yang berpenduduk sekitar 1,3 jiwa dengan luas wilayah 111,530 hektar tersebut berada pada posisi 109 derajat 17 derajat 30 derajat hingga 109 derajat 40 derajat 30 derajat Bujur Timur dan 8 derajat 52 derajat 30 derajat hingga 7 derajat 20 derajat 11 derajat Lintang Selatan ini berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, dengan Kabupaten Tegal sebelah barat, Kabupaten Purbalingga sebelah selatan, dan Kabupaten Pekalongan di sebelah timur. Bahkan, daerah ini berada di kaki Gunung Slamet yang memiliki ketinggian 3.432 meter di atas permukaan air laut. Daerah ini terdiri dari 13 kecamatan yang terdiri dari 211 desa dan 11 kelurahan.

Kabupaten Pemalang memiliki topografi bervariasi. Bagian Utara Kabupaten Pemalang merupakan daerah pantai dengan ketinggian berkisar antara 1 - 5 meter di atas permukaan laut. Bagian tengah merupakan dataran rendah yang subur dengan ketinggian 6 - 15 m di atas permukaan laut dan bagian Selatan merupakan dataran tinggi dan pengunungan yang subur serta berhawa sejuk dengan ketinggian 16 - 925 m di atas permukaan laut. Wilayah Kabupaten Pemalang ini dilintasi dua buah sungai besar yaitu Sungai Waluh dan Sungai Comal yang menjadikan sebagian besar wilayahnya merupakan daerah aliran sungai yang subur.

Kondisi geografis Kabupaten Pemalang terdiri dari pantai, dataran rendah, dataran tinggi/pegunungan yang memiliki udara yang sejuk sehingga daerah ini sangat potensial untuk dikembangkan karena terdiri dari berbagai jenis mulai dari objek wisata, industri, hingga makanan khas Kabupaten Pemalang.