Kabupaten Kebumen

Alamat Website http://www.kebumenkab.go.id/

Kabupaten Kebumen bagian wilayah Provinsi Jawa Tengah, berada di pesisir pantai selatan Pulau Jawa, di jalur Yogyakarta-Jakarta. Pemerintahan Kabupaten Kebumen terbagi menjadi 26 kecamatan dan 460 desa/kelurahan dengan jumlah penduduk sekitar 1,25 juta jiwa.

Pemkab Kebumen terus berusaha meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satu upaya tersebut kini sedang merehabilitasi sejumlah pasar tradisional, antara lain Pasar Tumenggungan di pusat kota Kebumen, Pasar Prembun, Pasar Jatisari, dan Pasar Petanahan.

Untuk memperindah kawasan kota, pemkab setempat menyulap bekas terminal bus Kebumen menjadi taman lalu lintas. Sedangkan lokasi terminal bus baru berada di jalur lingkar. Wilayah Kabupaten Kebumen seluas 128.111,50 hektare terdiri atas kawasan pantai, pegunungan, dan dataran rendah. Secara geografis terletak pada 109-110 derajat Bujur Timur dan 7-8 derajat Lintang Selatan dengan ketinggian sekitar 21 meter dari permukaan air laut.

Kebumen yang dikenal sebagai penghasil genteng sokka ini mempunyai potensi besar di bidang pariwisata, antara lain wisata alam Gua Jatijajar, Gua Petruk, Pantai Karangbolong, Pantai Logending, Pantai Petanahan, Waduk Sempor, dan sumber air panas Krakal.

Kebumen juga dikenal sebagai penghasil sarang burung walet di Gua Karangbolong, Gua Pasir, dan Gua Karangduwur yang dikelola masyarakat setempat secara turun temurun dengan mengedepankan kearifan lokal.