Kabupaten Banyumas

Alamat Website http://www.banyumaskab.go.id/

Kabupaten Banyumas yang memiliki luas 132.758 hektare dan sekitar 32.307 hektare (sekitar 24,27 persen) di antaranya merupakan lahan sawah. Dari luas lahan sawah tersebut, 10.448 hektare di antaranya merupakan sawah dengan pengairan teknis.

Kabupaten Banyumas yang berada di kaki Gunung Slamet sebelah selatan ini berbatasan dengan Kabupaten Tegal dan Pemalang di sebelah utara, Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen di sebelah timur, Kabupaten Cilacap di sebelah selatan, serta Kabupaten Cilacap dan Brebes di sebelah barat. Berdasarkan Sensus Penduduk 2010, jumlah penduduk di Kabupaten Banyumas berjumlah 1.554.527 jiwa yang terdiri 778.197 laki-laki dan 776.330 perempuan.

Kabupaten Banyumas yang pusat pemerintahannya di Kota Purwokerto ini berada di jalur transportasi yang sangat strategis karena selain dilalui jalur selatan Jawa Tengah yang menghubungkan Yogyakarta-Bandung, juga dilalui jalan penghubung antara jalur selatan dengan jalur pantura Jateng serta jalur tengah Jateng antara Secang-Banyumas.

Selain itu, Purwokerto juga berada di perlintasan jalur kereta api antara Yogyakarta-Jakarta dan termasuk dalam wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto.

Posisi tersebut menjadikan Purwokerto dikenal sebagai kota jasa dan termasuk salah satu sudut Segitiga Emas Jateng di samping Semarang dan Solo (Semarang-Solo-Purwokerto). Sektor jasa yang terselenggara di Purwokerto, antara lain pendidikan dan perdagangan/perhotelan/restoran. Hal ini terlihat dengan adanya berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta seperti Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto, dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Selain itu, berbagai hotel berbintang jaringan nasional pun bermunculan di Purwokerto seperti Hotel Aston, Hotel Horison, dan Hotel Santika. Bahkan, sejumlah jaringan pusat perbelanjaan yang tersebar di beberapa kota Jateng juga berpusat di Purwokerto seperti Rita dan Moro.

Kendati sektor jasa dan perdagangan/hotel/restoran berkembang pesat di Purwokerto, sektor pertanian tetap memberikan peran dominan dalam perekonomian Kabupaten Banyumas. Kontribusi sektor ini bagi PDRB Kabupaten Banyumas sebesar 19,83 persen, disusul sektor jasa sebesar 17,40 persen, industri pengolahan 15,85 persen, dan perdagangan/hotel/restoran 15,46 persen.